SEKILAS INFO

     » Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017 / 1438 H      » Pembuatan Akta Kelahiran Cukup Mudah dan Hanya 15 Menit Langsung Jadi / MASMEDI - Buktikan      » ONE STOP SERVICE DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI TINGKAT DESA      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Madiun ke - 449
Senin, 21 September 2015 - 13:54:52 WIB
Pencetakan e-KTP Gratis

Diposting oleh : Administrator
Kategori: umum - Dibaca: 380 kali

Ditulis Pada 21 September 2015 22:01 WIB

Pencetakan e-KTP Gratis

 

 

SOREANG, (PRLM).- Perekaman sampai pencetakan KTP elektronik (e-KTP) tidak dibebankan biaya sama sekali alias gratis.

Adanya biaya diakibatkan ulah calo maupun warga yang meminta bantuan staf RT/RW, staf desa/kelurahan, atau kecamatan untuk menguruskan e-KTP nya.

"Untuk perekaman dan pencetakan e-KTP, saya teegaskan tidak ada biaya sama sekali alias gratis," ujar Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcasip Kab. Bandung, Aning Suciningsih, saat dihubungi, Minggu (20/9).

Lebih jauh Aning mengatakan, sampai saat ini banyak keluhan warga kalau mencetak e-KTP itu harus membayar mahal sampai ratusan ribu.

"Padahal, Disdukcasip membebaskan biaya pencetakan e-KTP. Dengan adanya keluhan itu sehingga kami mempercepat pencetakan e-KTP tanpa harus menunggu permohonan dari kecamatan sehingga tak ada keluhan lagi soal pungutan ini," katanya.

Setelah tidak melayani pencetakan e-KTP sejak 24 Agustus lalu, kata Aning, kini Disdukcasip Kab. Bandung membuat gebrakan setelah menerima kiriman blangko kosong e-KTP sebanyak 102.000 buah dari Kementerian Dalam Negeri.

"Disdukcasip Kab. Bandung akan langsung mencetak e-KTP bagi warga masyarakat yang data-datanya sudah terkekam dalam basis data Kementerian Dalam Negeri sehingga tidak menunggu permohonan pencetakan dari warga atau kecamatan," katanya.(Sarnapi/A-89)

Bagikan Ke Sosial Media