SEKILAS INFO

     » Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017 / 1438 H      » Pembuatan Akta Kelahiran Cukup Mudah dan Hanya 15 Menit Langsung Jadi / MASMEDI - Buktikan      » ONE STOP SERVICE DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI TINGKAT DESA      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Madiun ke - 449
Rabu, 18 November 2015 - 07:35:33 WIB
206 PETUGAS REGISTRASI DESA, DIKUKUHKAN BUPATI MADIUN

Diposting oleh : Administrator
Kategori: BID INFORMASI & KEPENDUDUKAN - Dibaca: 2 kali

Ditulis Pada 16 November 2015 03:24 WIB

206 PETUGAS REGISTRASI DESA, DIKUKUHKAN BUPATI MADIUN

 

 

MADIUN: Setelah setahun menunggu sejak Petugas Registrasi Desa dilatih untuk memperoleh sertifikat registrasi, hari ini Senin 16 Nopember 2015, Bapak Bupati Madiun H. Muhtarom, S. Sos, berkenan mengukuhkan 206 Petugas Registrasi Kependudukan yang tersebar di 15 Kecamatan. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang 24 tahun 2013 dan juga Permendagri Nomor 18 Tahun 2010 yang mengamanatkan bahwa Petugas Registrasi diangkat dan diberhentikan oleh Bupati.

 

Dalam sambutannya Bapak Bupati menekankan bahwa petugas registrasi selain membantu pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, juga diharapkan mampu menguasai Informasi Tehnologi (IT) sehingga nantinya dapat menjadi garda terdepan sekaligus menjadi ujung tombak dalam pelayanan kependudukan yang cepat, tepat dan akurat di desa. Namun demikian, petugas juga tidak boleh meninggalkan fungsi utamanya yaitu melakukan verifikasi dan validasi data peristiwa kependudukan dan peristiwa penting khususnya kelahiran, lahir mati dan kematian yang terjadi di desa dimana tempatnya bertugas.

 

Selain dikukuhkan sebagai Petugas Registrasi Desa, masing-masing petugas juga dibekali data base kependudukan masing-masing desa. Hal ini penting, agar petugas mampu mengelola dan menyajikan data kependudukan di desa/kelurahan, menggunakan aplikasi yang dimiliki desa. Dengan demikian, selain untuk kebutuhan perencanaan pembangunan di desa, data base kependudukan yang dibekali kepada masing-masing petugas, dapat menjadi sarana untuk pemutahiran data penduduk, terutama elemen data, sehingga data penduduk terus terupdate sehingga sesuai dengan realita yang ada di desa.

Dukcapil***