SEKILAS INFO

     » Alamat : Jl. Alon-alon Utara No. 4 TELP./Fax (0351) 453395 Madiun - 63121      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Wajib Akta Kelahiran Usia 0 - 18 Tahun Untuk Menunjang Tercapainya Program KIA      » GUYUB RUKUN AGAWE SANTOSO      » SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MADIUN
Kamis, 19 November 2015 - 12:32:18 WIB
Petugas Registrasi Desa Harus Mampu Sajikan Data Kependudukan Akurat MADIUN

Diposting oleh : Administrator
Kategori: BID INFORMASI & KEPENDUDUKAN - Dibaca: 1154 kali

Krida Rakyat Madiun

Petugas Registrasi Desa Harus Mampu Sajikan Data Kependudukan Akurat MADIUN (KR) Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos mengukuhkan Petugas Regristrasi Desa/Kelurahan Se Kab. Madiun. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Madiun mngatakan bahwa untuk mengatasi permasalahan kependudukan, sangat dibutuhkan adanya sumber daya aparatur yang mampu, cakap dan handal dalam mengelola administrasi kependudukan. Dijelaskan bahwa administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi kependudukan serta pendaya gunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Madiun Drs. Pudji Wahju Widodo mengatakan bahwa Ada lima fungsi petugas registrasi kependudukan, yakni melakukan verifikasi dan validasi data peristiwa kependudukan yang dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia. Melakuan verifikasi dan validasi data peristiwa penting khususnya kelahiran, lahir mati dan kematian yang dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia.Pencatatan dalam buku harian, buku mutasi penduduk dan buku induk penduduk. Pemrosesan penerbitan dokumen kependudukan dan Sebagai penghubung dalam penyampaian dan pengambilan dokumen kependudukan. Dalam kesempatan yang sama Ahmad Sofingi SE, Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dispendukcapil kabupaten Madiun, Ahmad Sofingi, mengatakan, bahwa falidasi data kependudukan mulai dari jumlah penduduk, jumlah angka kelahiran, kematian dan pindah tempat sangat penting untuk dicatat dan dilaporkan oleh petugas registrasi karena sangat berpengaruh pada jumlah perkembangan penduduk dan sebagai acuan pemerintah dalam pelaksanaan program lainya. Dan untuk meningkat profesionalisme aparatur dan mewujudkan kualitas pelayanan publik yang cepat, transparan dan akuntabel, diharapkan aparatur registrasi data kependudukan di kabupaten Madiun menerapkan sistem Aplikasi Online. “Karena dengan menggunakan sistem Aplikasi Online pelayanan dan laporan kependudukan dapat dilakukan diwilayahnya desa masing masing dan tidak menyita waktu lama,”terangnya. Ditambhakan pula, untuk menerapkan sistem Aplikasi Online perangkat desa yang ditunjuk sebagai petugas registrasi sudah mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) yang dilaksanakan tahun lalu. “Jadi saat ini tinggal pemanfaatan dan penerapan Aplikasi Onlin. Dan sistem ini sangat membantu dan mempermudah pelayanan dan laporan ke Dispendukcapil,”punkas Sofingi. (Agm)