SEKILAS INFO

     » Alamat : Jl. Alon-alon Utara No. 4 TELP./Fax (0351) 453395 Madiun - 63121      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Wajib Akta Kelahiran Usia 0 - 18 Tahun Untuk Menunjang Tercapainya Program KIA      » GUYUB RUKUN AGAWE SANTOSO      » SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MADIUN
Kamis, 01 Desember 2016 - 07:01:44 WIB
Dirjen Dukcapil Imbau Warga Hubungi Kadis Dukcapil Untuk Ambil KTP-el

Diposting oleh : Administrator
Kategori: SEKERTARIAT - Dibaca: 64 kali

Dirjen Dukcapil Imbau Warga Hubungi Kadis Dukcapil Untuk Ambil KTP-el

 Jakarta - Ditjen Dukcapil Kemendagri terus mendorong Dinas Dukcapil kabupaten/kota untuk segera menuntaskan perekaman KTP-el. Hal ini untuk memastikan seluruh penduduk Indonesia sudah terekam datanya dalam database kependudukan nasional sehingga mempermudah masyarakat mendapatkan layanan publik. 

 

Setelah melakukan perekaman, dalam kondisi normal KTP-el dapat langsung diterbitkan dan diterima oleh warga yang bersangkutan. Namun, adanya beberapa kendala teknis seperti jaringan dan keterbatasan blangko memungkinkan pencetakan tertunda. Kondisi ini menyebabkan banyaknya KTP-el yang sudah dicetak belum diambil oleh warga. 

 

Menanggapi hal itu, Dirjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH. menghimbau kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan belum mendapatkan fisik KTP-el untuk melakukan cek status KTP-elnya. “Masih banyak KTP-el yang sudah jadi masih ada di Dinas Dinas Dukcapil kabupaten/kota, kecamatan atau desa/kelurahan”, jelas Prof. Zudan.

 

Di beberapa daerah, cek status KTP-el sudah dilayanai secara online (melalui aplikasi/website) dan layanan SMS Gateway. Bagi daerah yang belum, cek status KTP-el bisa dilakukan melalui layanan SMS, telepon atau WhatsApp yang nomornya sudah beredar secara luas di website Ditjen Dukcapil dengan alamat www.dukcapil.kemendagri.go.id

 

Prof. Zudan menambahkan, Dinas Dukcapil kabupaten/kota telah menyampaikan sejumlah pemberitahuan melalui SMS, surat kepada kepala desa/lurah, ketua RT/RW setempat, namun masih banyak KTP-el yang belum diambil warga. 

 

Provinsi yang tergolong masih banyak belum mengambil KTP-el adalah beberapa kabupaten/kota di Prov. DKI Jakarta, Prov. Jawa Timur, Prov. Jawa Tengah, Prov. Banten. Prov. Jawa Barat. Prov. Kalimantan Barat, Prov. Kalimantan Utara, Prov. Aceh, Prov. Papua, Prov. Bangka Belitung, Prov. Sumatera Barat, dan Prov. Bengkulu. 

 

“Agar KTP-el yang sudah jadi segera diambil. Masyarakat yang sudah merekam agar menghubungi  melalui SMS atau Whatsapp ke Dinas Dukcapil masing-masih untuk mengecek”, tutup Prof. Zudan. Dukcapil***