SEKILAS INFO

     » Alamat : Jl. Alon-alon Utara No. 4 TELP./Fax (0351) 453395 Madiun - 63121      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Wajib Akta Kelahiran Usia 0 - 18 Tahun Untuk Menunjang Tercapainya Program KIA      » GUYUB RUKUN AGAWE SANTOSO      » SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MADIUN
Kamis, 15 Desember 2016 - 18:20:53 WIB
Tidak Ada dalam DPT, Warga Brebes Tetap Bisa Gunakan Hak Pilih

Diposting oleh : Administrator
Kategori: SEKERTARIAT - Dibaca: 14 kali

Tidak Ada dalam DPT, Warga Brebes Tetap Bisa Gunakan Hak Pilih

Brebes - Dinas Dukcapil Kabupaten Brebes masih memiliki pekerjaan rumah untuk merekam 40 ribu warganya yang belum melakukan perekaman data KTP-el. Warga yang belum melakukan perekaman ini belum masuk dalam DPT Pilkada Serentak yang akan digelar 15 Februari 2017 mendatang.

 

Untuk memastikan warga agar tidak kehilangan hak pilih, Dinas Dukcapil bersama KPUD setempat berupaya maksimal agar warga yang termasuk jumlah tersebut segera melakukan perekaman data KTP-el, salah satunya dengan layanan jemput bola. 

 

“Jika hingga pada waktunya masih ada warga yang belum melakukan perekaman, pada 6 Desember tetap akan dilakukan penetapan DPT”, jelas Wakil Penanggungjawab Desk Pilkada Brebes, Athoillah Rabu (07/12/2016).

 

Lalu bagaimana dengan hak pilih warga yang tidak masuk dalam DPT sampai 6 Desember 2016? Menjawab hal ini, Dinas Dukcapil dan KPUD Brebes terus bekerjasama untuk mendorong masyarakat segera melakukan perekaman sampai batas tanggal 15 Februari 2017. “Asalkan, sebelum tanggal pemilihan suara atau pada hari H, yakni 15 Februari, warga sudah melakukan perekaman dan akan mendapatkan surat keterangan (Suket)”, jelas Athoillah yang juga menjabat Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekda Kabupaten Brebes ini.

 

Hal serupa juga dinyatakan Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi. “Asalkan, melakukan perekaman e-KTP sebelum hari-H. Kalau tidak merekam dan tidak bisa memilih padahal sudah diberikan kelonggaran, itu salah warga sendiri”, jelas Muamar Riza Pahlevi.

 

Langkah mengakomodir perekaman untuk Pilkada sampai hari H ini diakui Ketua KPU Brebes sebagai upaya meminimalisir masalah Pilkada di antaranya gugatan dari pasangan calon atau pihak lain terkait minimnya jumlah pemilih lantaran kendala perekaman data KTP-el.

 

Muamar juga mengimbau kerjasama dan partisipasi aktif masyarakat agar segera melakukan perekaman data KTP-el. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil dan sudah ada upaya untuk memaksimalkan perekaman”, sambungnya. Dukcapil***