SEKILAS INFO

     » Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017 / 1438 H      » Pembuatan Akta Kelahiran Cukup Mudah dan Hanya 15 Menit Langsung Jadi / MASMEDI - Buktikan      » ONE STOP SERVICE DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI TINGKAT DESA      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Madiun ke - 449
Rabu, 14 Juni 2017 - 10:54:32 WIB
Tugas Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan - Dibaca: 269 kali

INDIJAH AMURWANI,  SH. M. Si

Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi pelayanan melaksanakan   sebagian   tugas   Kepala   Dinas  yang meliputi melaksanakan analisis, mengkoordinasikan, membina, dan memfasilitasi pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud,

(1)   Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan mempunyai fungsi :

  1. penyusunan rencana program dan kegiatan Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan;
  2. perumusan kebijakan teknis bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan ;
  3. pelaksanaan sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi,  supervisi, konsultasi, koordinasi pemanfaatan data ;
  4. penyusunan bahan pelaksanaan fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, supervisi, konsultasi, koordinasi pemfaatan data ;
  5. pendokumentasian laporan hasil pelayanan administrasi kependudukan dalam pemanfaatan data kependudukan ;
  6. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan ; dan
  7. pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas fungsinya.

    Didalam tugasnya Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan dibantu 2 seksi :

    (1)       Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan mempunyai tugas :

    1. menyiapkan  bahan penyusunan perencanaan program dan kegiatan pada Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan;
    2. menyusun bahan perumusan kebijakan teknis di bidang Kerjasama dan Inovasi Pelayanan ;

     

    1. menyusun bahan pelaksanaan, koordinasi secara Terpadu dengan SKPD, Instansi Vertikal, Lembaga dan Badan Usaha lainnya ;
    2. menyusun bahan publikasi, sosialisasi administrasi kependudukan ;
    3. melakukan pengelolaan Website secara Terpadu ;
    4. melakukan penyusunan Persetujuan Nota Kesepahaman (MOU) dengan SKPD, Instansi Vertikal, Lembaga dan Badan Usaha lainnya ;
    5. melaksanakan pengumpulan berkas-berkas kependudukan dan pencatatan sipil ;
    6. melaksanakan penyajian data di bidang Kependudukan dan Pencacatan Sipil ;
    7. melaksanakan analisis dalam prosedur pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil  ;
    8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada  Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan ; dan
    9. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya

     

    (2)   Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan mempunyai tugas :

    1. menyusun bahan perencanaan program dan kegiatan pada Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan ;
    2. menyusun bahan perumusan kebijakan teknis pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
    3. menyiapkan bahan pelaksanaan sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi konsultasi, koordinasi  pemanfaatan data kependudukan ;
    4. melaksanakan pemeliharaan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil secara rutin, berkala maupun insidentil kependudukan dan pencatatan sipil ;
    5. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas di Seksi Pengolahan dan Penyajian Data ; dan
    6. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.