SEKILAS INFO

     » Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017 / 1438 H      » Pembuatan Akta Kelahiran Cukup Mudah dan Hanya 15 Menit Langsung Jadi / MASMEDI - Buktikan      » ONE STOP SERVICE DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI TINGKAT DESA      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Madiun ke - 449
Rabu, 05 Juli 2017 - 12:33:06 WIB
Hadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Kemendagri Percepat Rekam KTP-el

Diposting oleh : Administrator
Kategori: SEKERTARIAT - Dibaca: 91 kali

Hadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Kemendagri Percepat Rekam KTP-el

Jakarta – Dalam rapat internal pejabat Kementerian Dalam Negeri Senin (03/07/2017), Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo terkait KTP elektronik (KTP-el).

Arahan tersebut terkait masih adanya warga yang belum melakukan perekaman data KTP-el. Menurutnya, ada sekitar 2,5 persen masyarakat yang sudah wajib memiliki KTP, namun belum melakukan perekaman data dirinya.

Untuk itu, Tjahjo Kumolo meminta Ditjen Dukcapil untuk segera menyelesaikan perekaman tersebut. Mengingat, ada dua momen penting di dua tahun mendatang, yaitu Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Mendagri juga menghimbau agar masyarakat segera melakukan perekaman, mengingat KTP-el sangat penting bagi masyarakat terutama untuk dapat mengakses semua layanan publik. Sebut saja di antaranya pelayanan rumah sakit, BPJS, perbankan, asuransi, pertanahan, dan layanan publik lainnya.

"Pentingnya memiliki KTP-el ini harus masif disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga dapat segera melakukan perekaman," ucapnya.

Sedangkan untuk pendistribusian blangko, Tjahjo menguraikan saat ini sudah ada tujuh juta blangko KTP-el. Lima juta di antaranya diperuntukkan bagi warga yang KTP-nya dalam keadaan rusak atau hilang. Dukcapil***

Bagikan Ke Sosial Media