SEKILAS INFO

     » Selamat Hari Raya Idul Fitri 2017 / 1438 H      » Pembuatan Akta Kelahiran Cukup Mudah dan Hanya 15 Menit Langsung Jadi / MASMEDI - Buktikan      » ONE STOP SERVICE DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI TINGKAT DESA      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Madiun ke - 449
Senin, 17 Juli 2017 - 09:12:44 WIB
SAMBUTAN BUPATI MADIUN DALAM RANGKA PEMBUKAAN SOSIALISASI KARTU IDENTITAS ANAK (K I A) TANGGAL,

Diposting oleh : Administrator
Kategori: BID INFORMASI & KEPENDUDUKAN - Dibaca: 287 kali

 

 

SAMBUTAN

BUPATI MADIUN

DALAM RANGKA PEMBUKAAN SOSIALISASI KARTU IDENTITAS ANAK (K I A)

TANGGAL,  11 JULI 2017

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yth.  Sdr. Ketua DPRD Kabupaten Madiun,

         Bpk.Drs. R. Kristianto Harijono, M.AP (Kasubdit     Monitoring, Evaluasi dan Dokumentasi Direktorat Pendaftaran Penduduk) selaku narasumber dari Dirjen  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri,

         Sdr. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Propinsi Jawa Timur,

         Sdr. Asisten Pemerintahan dan Kesra,

  Sdr.  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun dan Sdr Pimpinan Organisasi Perangkat  Daerah yang hadir terkait dengan acara sosialisasi ini,

          Sdr. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Madiun,

          Sdr. Kepala Imigrasi Wilayah Madiun dan

                 Peserta sosialisasi serta hadirin yang berbahagia.

 

          Pertama - tama marilah kita selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmad dan karunianya, sehingga dipagi hari yang berbahagia ini kita semua dapat menghadiri kegiatan Sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) tanpa kekurangan suatu apapun.

 

Hadirin yang berbahagia,

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 telah ditetapkan Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai upaya  untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap anak yang lahir di Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga diharapkan dengan adanya  kepemilikan Kartu Identitas Anak bagi seluruh anak-anak Indonesia dapat menjamin hak keperdataan  anak dalam rangka untuk mengurus hak dan kewajibannya selaku Warga Negara Indonesia.

Dengan memiliki Kartu Identitas Anak, selain memiliki identitas sebagai Warga Negara Indonesia yang berumur kurang dari 17 tahun, juga diharapkan anak mendapatkan akses layanan publik yang lebih mudah seperti membuka rekening bank, berobat di puskesmas atau rumah sakit, mengurus pasport, serta mendapatkan layanan publik lainnya. Pelaksanaan program Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Madiun perlu dilaksanakan, karena tahun 2017 ini  Kabupaten Madiun menjadi salah satu dari 50 Kabupaten/ Kota di Indonesia yang terpilih untuk menyelenggarakan Program Kartu Identitas Anak ( KIA). Pemberian Reward atau tugas ini karena Kabupaten Madiun telah melampaui target capaian kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun Nasional sebesar 75%. Sedangkan Kabupaten Madiun di akhir tahun 2016 telah mencapai angka 86%.

Capaian ini merupakan salah satu buah kerja keras Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun dan jajarannya dalam membuat inovasi pelayanan akta kelahiran mulai dari program inovasi di tahun 2016 yaitu SEMEDI (Sehari mesti jadi) dilanjut awal tahun 2017 program MASMEDI (Lima belas menit jadi).

 

Hadirin yang berbahagia,

Kabupaten Madiun lewat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus melakukan berbagai upaya penataan penerbitan dokumen dan data kependudukan.

Penataan  tersebut dilakukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Selain program rutin seperti menuntaskan rekam cetak KTP-el, penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga, Kabupaten Madiun telah melaksanakan uji coba pelayanan akta online di 100 Desa/Kelurahan. Sehingga penduduk cukup datang ke desa/kelurahan untuk bisa memperoleh akta kelahirannya dan Insya Allah Mulai tahun 2018 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun bermaksud untuk mempermudah pelayanan kepada penduduk dengan melakukan berbagai upaya kemudahan layanan seperti Tree in One, Four in One yaitu penduduk sekaligus memperoleh 3 sampai 4 dokumen dalam satu layanan. Bahkan ditahun  2018 direncanakan diterapkan One Stop Service pelayanan dokumen kependudukan di Desa/Kelurahan sehingga penduduk tidak perlu direpotkan harus kesana kemari hanya untuk memperoleh KTP-el, KK, KIA, Akta Kelahiran dan kematian. Kepengurusannya hanya cukup di Desa/Kelurahan.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun yang telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi, mengingat materi kegiatan ini sangat penting untuk dimengerti dan dipahami secara bersama-sama. untuk itu kami berharap kepada peserta Sosialisasi agar dapat memahami materi yang disampaikan, yang pada akhirnya dapat berperan untuk membantu terlaksananya kebijakan Pemerintah Kabupaten terhadap pemberdayaan anak-anak di Kabupaten Madiun.

 

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah hal-hal yang dapat kami sampaikan dan dengan mengucap “ Bismillaahirrahmaanirrahiim “ Sosialisasi Kartu Identitas Anak saya nyatakan dibuka dan dimulai, semoga Allah SWT selalu memberikan rahmad dan hidayahnya. Amin.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

 

                                                           Madiun,  11 Juli  2017

 BUPATI MADIUN

 

 

                                                    H.  MUHTAROM, S.Sos