SEKILAS INFO

     » Alamat : Jl. Alon-alon Utara No. 4 TELP./Fax (0351) 453395 Madiun - 63121      » Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan - GRATIS      » Wajib Akta Kelahiran Usia 0 - 18 Tahun Untuk Menunjang Tercapainya Program KIA      » GUYUB RUKUN AGAWE SANTOSO      » SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MADIUN
Peraturan Menteri
Diposting tanggal: 25 Juni 2015

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

 

PERATURAN

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

NOMOR 11 TAHUN 2011

 

TENTANG

 

KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KABUPATEN/KOTA LAYAK ANAK

 

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA,

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA,

 

Menimbang       :      a.        bahwa setiap anak mempunyai hak hidup, tumbuh,

berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai

dengan     harkat     dan     martabat     kemanusiaan,     serta

mendapat          perlindungan         dari          kekerasan          dan

diskriminasi;

 

b.       bahwa Negara Indonesia telah mengesahkan Konvensi

tentang Hak Anak dengan Keputusan Presiden Nomor

36     Tahun     1990     yang     harus     ditindaklanjuti     oleh

pemerintah dalam upaya pelaksanaan pemenuhan hak

anak secara efektif;

 

c.        bahwa urusan pemerintahan di bidang perlindungan

anak berupa kebijakan, program, dan kegiatan untuk

menjamin terpenuhinya hak anak agar anak dapat

hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara

optimal        sesuai        dengan        harkat        dan        martabat

kemanusiaan,      serta      mendapat      perlindungan      dari

kekerasan dan diskriminasi, merupakan urusan wajib

pemerintahan daerah kabupaten/kota;

 

d.       bahwa      untuk      menjamin      terpenuhinya     hak      anak

diperlukan        upaya        yang       sungguh-sungguh       dari

pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha melalui

pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak;

 

e.        bahwa        berdasarkan         pertimbangan        sebagaimana

dimaksud pada huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d

perlu         menetapkan         Peraturan         Menteri         Negara

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

tentang      Kebijakan     Pengembangan     Kabupaten/Kota

Layak Anak;

Mengingat …

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-2-

 

Mengingat          :      1.        Undang-Undang      Nomor       4       Tahun      1979       tentang

Kesejahteraan       Anak       (Lembaran       Negara       Republik

Indonesia Tahun 1979 Nomor 32, Tambahan Lembaran

Negara Republik Indonesia Nomor 3143);

 

2.        Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak

Asasi Manusia (Lembaran Negara Republik Indonesia

Tahun 1999 Nomor 165, Tambahan Lembaran Negara

Republik Indonesia Nomor 3886);

 

3.       Undang-Undang     Nomor      23      Tahun      2002      tentang

Perlindungan       Anak       (Lembaran       Negara       Republik

Indonesia       Tahun       2002       Nomor       109,       Tambahan

Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4235);

 

4.        Undang-Undang     Nomor      32      Tahun      2004      tentang

Pemerintahan     Daerah      (Lembaran     Negara      Republik

Indonesia       Tahun       2004       Nomor       125,       Tambahan

Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437)

sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-

Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan

Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004

tentang      Pemerintahan      Daerah       (Lembaran      Negara

Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan

Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);

 

5.        Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang

Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah,

Pemerintahan     Daerah      Provinsi,      dan     Pemerintahan

Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik

Indonesia Tahun 2007 Nomor 82);

 

6.        Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2010 tentang

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

Tahun 2010-2014;

 

7.        Keputusan Presiden Nomor 36 tahun 1990      tentang

Pengesahan Convention on the Rights of the Child

(Konvensi      tentang      Hak      Anak)      (Lembaran      Negara

Republik Indonesia Tahun 1990 Nomor 57);

 

8.        Keputusan Presiden Nomor 84/P Tahun 2009 tentang

Pembentukan      dan      Pengangkatan      Menteri      Negara

Kabinet Indonesia Bersatu II;

9. Instruksi ...

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-3-

 

9.        Instruksi     Presiden     Nomor     1     Tahun     2010     tentang

Percepatan         Pelaksanaan         Prioritas        Pembangunan

Nasional Tahun 2010;

 

MEMUTUSKAN:

 

Menetapkan      :      PERATURAN          MENTERI          NEGARA          PEMBERDAYAAN

PEREMPUAN       DAN      PERLINDUNGAN      ANAK      TENTANG

KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KABUPATEN/KOTA LAYAK

ANAK.

 

BAB I

KETENTUAN UMUM

 

Pasal 1

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

1.     Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan

belas)      tahun,     termasuk      anak      yang     masih     dalam

kandungan.

2.     Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang

wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua,

keluarga, masyarakat, pemerintah, dan negara.

3.     Kabupaten/Kota Layak Anak yang selanjutnya disingkat

KLA adalah kabupaten/kota yang mempunyai sistem

pembangunan           berbasis            hak            anak            melalui

pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah,

masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara

menyeluruh      dan       berkelanjutan       dalam       kebijakan,

program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya

hak anak.

4.     Pemerintah daerah adalah Gubernur, Bupati, atau

Walikota,       dan       perangkat       daerah       sebagai       unsur

penyelenggara pemerintahan daerah.

5.     Gugus Tugas KLA adalah lembaga koordinatif di tingkat

nasional,         provinsi,         dan         kabupaten/kota         yang

mengkoordinasikan kebijakan, program, dan kegiatan

untuk mewujudkan KLA.

6.     Tim Evaluasi KLA adalah tim yang membantu Menteri

Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

Anak      dalam      melaksanakan      evaluasi      KLA     lingkup

nasional.

 

Pasal 2

Kebijakan     Pengembangan     Kabupaten/Kota     Layak     Anak

dijabarkan dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak

terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

 

BAB II ...

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-4-

 

BAB II

TUJUAN, DAN SASARAN

 

Pasal 3

Kebijakan Pengembangan KLA merupakan acuan untuk

mewujudkan KLA.

 

Pasal 4

(1) Kebijakan Pengembangan KLA memuat tentang:

a. konsep KLA;

b. hak anak; dan

c. pendekatan pengembangan KLA.

(2) Pengembangan KLA mengacu pada Indikator KLA yang

ditetapkan     lebih     lanjut     dengan     Peraturan      Menteri

Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

Anak.

 

BAB III

PRINSIP PENGEMBANGAN KLA

 

Pasal 5

Kebijakan Pengembangan KLA dilaksanakan berdasarkan

prinsip-prinsip yang meliputi:

a.     tata      pemerintahan      yang     baik,      yaitu     transparansi,

akuntabilitas, partisipasi, keterbukaan informasi, dan

supremasi hukum;

b.     non-diskriminasi, yaitu tidak membedakan suku, ras,

agama, jenis kelamin, bahasa, paham politik, asal

kebangsaan, status ekonomi, kondisi fisik maupun

psikis anak, atau faktor lainnya;

c.      kepentingan terbaik bagi anak, yaitu menjadikan hal

yang paling baik bagi anak sebagai pertimbangan utama

dalam setiap kebijakan, program, dan kegiatan;

d.     hak        untuk        hidup,        kelangsungan        hidup,        dan

perkembangan anak, yaitu menjamin hak untuk hidup,

kelangsungan        hidup        dan         perkembangan         anak

semaksimal mungkin; dan

e.      penghargaan        terhadap         pandangan        anak,         yaitu

mengakui dan memastikan bahwa setiap anak yang

memiliki            kemampuan             untuk            menyampaikan

pendapatnya,             diberikan             kesempatan              untuk

mengekspresikan pandangannya secara bebas terhadap

segala sesuatu hal yang mempengaruhi dirinya.

 

 

 

 

Pasal 6 …

 

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-5-

 

Pasal 6

Kebijakan Pengembangan KLA diarahkan pada pemenuhan

hak anak, meliputi:

a.     hak sipil dan kebebasan;

b.     lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif;

c.      kesehatan dasar dan kesejahteraan;

d.     pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan

budaya; dan

e.      perlindungan khusus.

 

Pasal 7

Strategi Pengembangan KLA di tingkat nasional, provinsi,

dan kabupaten/kota berupa pengintegrasian hak anak

dalam:

a.     setiap proses penyusunan kebijakan, program, dan

kegiatan pembangunan;

b.     setiap tahapan pembangunan, mulai dari perencanaan,

penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.

 

BAB IV

TAHAPAN PENGEMBANGAN

 

Pasal 8

(1) Tahapan pengembangan KLA meliputi:

a. persiapan;

b. perencanaan;

c. pelaksanaan;

d. pemantauan;

e. evaluasi; dan

f.     pelaporan.

(2) Dalam setiap tahapan pengembangan KLA sebagaimana

dimaksud     pada     ayat     (1)     wajib     mempertimbangkan

pandangan anak yang diperoleh melalui konsultasi

anak.

 

Pasal 9

(1) Untuk mengefektifkan pengembangan KLA, dibentuk

Gugus Tugas KLA yang keanggotaannya meliputi unsur-

unsur lembaga terkait, perwakilan anak, dan dapat

melibatkan dunia usaha dan masyarakat.

(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai Gugus Tugas KLA

Nasional     diatur     dalam      Keputusan     Menteri     Negara

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

 

 

 

 

 

 

 

BAB V …

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-6-

 

BAB V

PEMBINAAN

 

Pasal 10

(1) Kementerian/Lembaga         dan         Pemerintah         Provinsi

melakukan              pembinaan              kepada              Pemerintah

Kabupaten/Kota dalam pengembangan KLA.

(2) Pembinaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) antara

lain meliputi koordinasi, fasilitasi, bimbingan, supervisi,

konsultasi, pendidikan dan pelatihan.

 

BAB VI

PEMANTAUAN, EVALUASI, DAN PELAPORAN

 

Pasal 11

Pemantauan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1)

huruf      d      dilakukan      oleh      Gugus      Tugas      KLA      untuk

mengetahui perkembangan dan hambatan pelaksanaan

pengembangan KLA secara berkala.

 

Pasal 12

(1) Evaluasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1)

huruf e dilakukan secara berkala untuk menganalisis

dan menilai hasil pelaksanaan pengembangan KLA.

(2) Evaluasi         pengembangan        KLA        lingkup        nasional

dilakukan oleh Gugus Tugas KLA Nasional.

(3) Evaluasi pengembangan KLA lingkup provinsi dilakukan

oleh Gugus Tugas KLA Provinsi.

(4) Evaluasi pengembangan KLA lingkup kabupaten/kota

dilakukan oleh Gugus Tugas KLA Kabupaten/Kota.

(5) Evaluasi dapat dilakukan oleh tim independen dan

berpedoman          pada          Peraturan          Menteri          Negara

Pemberdayaan      Perempuan     dan      Perlindungan     Anak

tentang Panduan Evaluasi KLA.

 

Pasal 13

Pelaporan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1)

huruf f dilakukan oleh:

a.     Ketua Gugus Tugas KLA Nasional, dan disampaikan

kepada Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan

Perlindungan    Anak     untuk     selanjutnya     disampaikan

kepada Presiden;

b.     Gubernur,         dan          disampaikan          kepada          Menteri

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan

Menteri Dalam Negeri;

 

 

 

c. Bupati/Walikota ...

 

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-7-

 

c.      Bupati/Walikota, dan disampaikan kepada Gubernur

dengan      tembusan       kepada       Menteri      Pemberdayaan

Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Menteri Dalam

Negeri.

 

BAB VII

PENGHARGAAN

 

Pasal 14

(1) Dalam       rangka       pemberian       penghargaan       nasional

pengembangan KLA, dilakukan evaluasi KLA lingkup

nasional oleh Tim Evaluasi KLA.

(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai evaluasi sebagaimana

dimaksud pada ayat (1), diatur dalam Peraturan Menteri

Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan

Anak.

 

BAB VIII

PENDANAAN

 

Pasal 15

(1) Pendanaan pelaksanaan pengembangan KLA di tingkat

nasional dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan

Belanja Negara.

(2) Pendanaan pelaksanaan pengembangan KLA di tingkat

provinsi dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan

Belanja Daerah Provinsi.

(3) Pendanaan pelaksanaan pengembangan KLA di tingkat

kabupaten/kota          dibebankan          kepada           Anggaran

Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota.

 

Pasal 16

Masyarakat dan dunia usaha dapat berkontribusi dalam

pendanaan pelaksanaan pengembangan KLA.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IX ...

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-8-

 

BAB IX

KETENTUAN PENUTUP

 

Pasal 17

Peraturan           Menteri     ini     mulai      berlaku     pada      tanggal

diundangkan.

 

Agar        setiap         orang        mengetahuinya,        memerintahkan

pengundangan            Peraturan            Menteri            ini            dengan

penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

 

Ditetapkan di Jakarta

pada tanggal 23 Desember 2011

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN PERLINDUNGAN ANAK REPUBLIK INDONESIA,

 

 

ttd.

 

LINDA AMALIA SARI

 

Diundangkan di Jakarta

pada tanggal 6 Februari 2012

 

MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA,

 

 

ttd.

 

AMIR SYAMSUDIN

 

BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2012 NOMOR 168

 

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

-9-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

 

PERATURAN

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

 

NOMOR 11 TAHUN 2011

 

TENTANG

 

KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KABUPATEN/KOTA LAYAK ANAK

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

- 10 -

 

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

 

A. Latar Belakang Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA)

 

Dunia saat ini sudah bergerak sangat maju. Setiap bangsa kini berlomba-

lomba menyiapkan dunia yang lebih baik bagi masa depan warganya dan juga

bagi kepentingan bersama umat manusia. Bumi ini hanya satu, sementara

perilaku yang tidak menghargai tempat tinggal bersama adalah pelanggaran

moralitas yang berpegang kepada norma-norma hak asasi manusia sebagai

pedomannya, lebih khusus lagi kepada pengakuan dan penerapan hak anak

sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari hak asasi manusia.

 

Salah satu momen penting yang menguatkan komitmen bersama untuk

mewujudkan sebuah dunia yang layak bagi anak sebagai wujud terpenuhinya

hak anak adalah Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada

tanggal 10 Mei 2002 yang mengadopsi laporan Komite Ad Hoc pada Sesi

Khusus untuk Anak. Dokumen itulah yang kemudian dikenal dengan judul "A

World Fit for Children". Judul dokumen tersebut menunjukkan gaung puncak

dari rangkaian upaya dunia untuk memberikan perhatian yang lebih besar

terhadap masalah masa depan bumi, kelangsungan kehidupan umat manusia

dan lebih khusus lagi upaya untuk menyiapkan generasi masa depan yang

lebih baik melalui anak-anak yang hidup pada masa sekarang ini dan pada

masa-masa selanjutnya.

 

Mengingat keterlibatan Indonesia yang sudah sangat awal dan begitu intens

tentang pemenuhan hak anak melalui KHA, dan mengingat Dunia Layak Anak

merupakan komitmen global, maka Pemerintah Indonesia segera memberikan

tanggapan positif terhadap rekomendasi Majelis Umum PBB tahun 2002

tersebut. Keikutsertaan Indonesia dalam komitmen Dunia Layak Anak

merupakan      bagian      tujuan     Indonesia      sebagaimana      terumuskan      dalam

Pembukaan Undang-Undang Dasar.

 

Setelah melakukan persiapan dan menguatkan institusi, Indonesia bergerak

cepat dan memulai fondasi untuk mengembangkan Kabupaten/Kota Layak

Anak (KLA) sejak tahun 2006. Penetapan „kabupaten‟ adalah adaptasi yang

juga dilakukan Indonesia mengingat bahwa pembagian wilayah administratif

di Indonesia terbagi ke dalam dua jenis satuan berupa Kabupaten dan Kota,

sementara tantangan yang dihadapi anak bukan hanya ada di kota namun

juga dapat ditemukan di kabupaten. Untuk itu, maka perhatian pun diberikan

kepada kabupaten yang memiliki tantangan tersendiri yang tidak kalah

kompleksnya dengan yang dihadapi oleh kota.

 

Dalam perkembangannya, antusiasme terhadap pengembangan Kabupaten/

Kota Layak Anak terus berkembang dari tahun ke tahun. Semula hanya

beberapa kabupaten/kota yang tergerak dan terlibat. Namun seiring dengan

waktu, muncul kebutuhan dan inisiatif dari kabupaten/kota untuk ikut

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

- 11 -

 

membangun dunia yang layak anak tersebut di daerahnya. Untuk menjawab

tingginya antusiasme Pemerintah Daerah dan tantangan perubahan jaman

yang berdampak serius terhadap anak, maka dirasakan mendesak untuk

menyusun Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

 

B. Tujuan

 

Pengembangan KLA bertujuan untuk membangun inisiatif pemerintahan

kabupaten/kota yang mengarah pada upaya transformasi konsep hak anak ke

dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak

anak di kabupaten/kota.

 

C. Landasan Hukum

 

1.       Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak;

2.       Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak;

3.       Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat;

4.       Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia;

5.       Undang-Undang     Nomor     20      Tahun     1999     tentang     Pengesahan      ILO

Convention No. 138 Concerning Minimum Age for Admission to Employment

(Konvensi ILO Mengenai Usia Minimum untuk Diperbolehkan Bekerja);

6.       Undang-Undang     Nomor      1      Tahun      2000      tentang      Pengesahan      ILO

Convention No. 182 Concerning the Prohibition and Immediate Action for

Elimination of the Worst Forms of Child Labour (Konvensi ILO Nomor 182

Mengenai Pelarangan dan Tindakan Segera Penghapusan Bentuk Bentuk

Pekerjaan Terburuk Untuk Anak);

7.       Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;

8.       Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan;

9.       Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional;

10. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan

Dalam Rumah Tangga;

11. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-undang

Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Undang-Undang Pemerintahan

Daerah;

12. Undang-Undang     Nomor     12     Tahun     2006     tentang     Kewarganegaraan

Republik Indonesia;

13. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan

Korban;

14. Undang-Undang       Nomor        23       Tahun       2006        tentang       Administrasi

Kependudukan;

15. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak

Pidana Perdagangan Orang;

16. Undang-Undang     Nomor      24      Tahun      2007      tentang      Penanggulangan

Bencana;

17. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;

18. Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi;

19. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial;

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

- 12 -

 

20. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan

Jalan;

21. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika;

22. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;

23. Undang-Undang      Nomor       52      Tahun       2009      tentang       Perkembangan

Kependudukan dan Pembangunan Keluarga;

24. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengesahan Convention

on the Rights of Persons with Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak

Penyandang Disabilitas);

25. Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 1988 tentang Usaha Kesejahteraan

bagi Anak yang Mempunyai Masalah;

26. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan

Pemerintahan antara Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah

Kabupaten/Kota;

27. Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan

Jangka Menengah Nasional Tahun 2010-2014;

28. Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional

Hak Asasi Manusia Indonesia Tahun 2011-2014;

29. Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan

Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010.

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

- 13 -

 

BAB II

 

HAK ANAK

DALAM KERANGKA KONVENSI HAK ANAK

 

 

Pengembangan Kebijakan KLA merujuk kepada Konvensi Hak Anak (KHA)

yang berisi hak anak yang dikelompokkan ke dalam 5 (lima) klaster hak anak

yang terdiri dari:

 

1. Hak Sipil dan Kebebasan

a. Hak atas identitas

Memastikan bahwa seluruh anak tercatat dan memiliki kutipan akta

kelahirannya sesegera mungkin sebagai pemenuhan tanggung jawab

negara atas nama dan kewarganegaraan anak (termasuk tanggal

kelahiran dan silsilahnya); menjamin penyelenggaraan pembuatan akta

kelahiran secara gratis; dan melakukan pendekatan layanan hingga

tingkat desa/kelurahan.

b. Hak perlindungan identitas

Memastikan     sistem     untuk     pencegahan     berbagai     tindak     kejahatan

terhadap anak, seperti perdagangan orang, adopsi ilegal, manipulasi

usia, manipulasi nama, atau penggelapan asal-usul serta pemulihan

identitas anak sesuai dengan keadaan sebenarnya sebelum terjadinya

kejahatan terhadap anak tersebut, dan memberikan jaminan hak

prioritas anak untuk dibesarkan oleh orang tuanya sendiri.

c. Hak berekspresi dan mengeluarkan pendapat

Jaminan atas hak anak untuk berpendapat dan penyediaan ruang bagi

anak untuk dapat mengeluarkan pendapat atau berekspresi secara

merdeka sesuai keinginannya.

d. Hak berpikir, berhati nurani, dan beragama

Jaminan        bahwa        anak        diberikan        ruang        untuk        menjalankan

keyakinannya secara damai dan mengakui hak orang tua dalam

memberikan pembinaan.

 

e. Hak berorganisasi dan berkumpul secara damai

Jaminan bahwa anak bisa berkumpul secara damai dan membentuk

organisasi yang sesuai bagi mereka.

f. Hak atas perlindungan kehidupan pribadi

Jaminan bahwa seorang anak tidak diganggu kehidupan pribadinya,

atau diekspos ke publik tanpa ijin dari anak tersebut atau yang akan

mengganggu tumbuh kembangnya.

g. Hak akses informasi yang layak

Jaminan     bahwa     penyedia     informasi     mematuhi     ketentuan     tentang

kriteria kelayakan informasi bagi anak; ketersediaan lembaga perijinan

dan pengawasan; dan      penyediaan fasilitas dan sarana dalam jumlah

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

- 14 -

 

memadai yang memungkinkan anak mengakses layanan informasi

secara gratis.

h. Hak bebas dari penyiksaan dan penghukuman lain yang kejam, tidak

manusiawi atau merendahkan martabat manusia

Jaminan bahwa setiap anak diperlakukan secara manusiawi tanpa

adanya     kekerasan     sedikitpun,     termasuk     ketika     anak     berhadapan

dengan hukum.

 

2. Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif

a. Bimbingan dan tanggungjawab orang tua

Orang tua sebagai pengasuh utama anak, oleh karena itu harus

dilakukan       penguatan       kapasitas        orang       tua        untuk       memenuhi

tanggungjawabnya dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak,

meliputi penyediaan fasilitas, informasi dan pelatihan yang memberikan

bimbingan dan konsultasi bagi orang tua dalam pemenuhan hak-hak

anak, contoh: Bina Keluarga Balita (BKB).

b. Anak yang terpisah dari orang tua

Pada prinsipnya anak tidak boleh dipisahkan dari orang tua kecuali

pemisahan tersebut untuk kepentingan terbaik bagi anak.

c. Reunifikasi

Pertemuan     kembali     anak     dengan     orang     tua     setelah     terpisahkan,

misalnya terpisahkan karena bencana alam, konflik bersenjata, atau

orang tua berada di luar negeri.

d. Pemindahan anak secara ilegal

Memastikan bahwa anak tidak dipindahkan secara ilegal dari daerahnya

ke luar daerah atau ke luar negeri, contoh: larangan TKI anak.

e. Dukungan kesejahteraan bagi anak

Memastikan anak tetap dalam kondisi sejahtera meskipun orang tuanya

tidak mampu, contoh: apabila ada orang tua yang tidak          mampu

memberikan perawatan kepada anaknya secara baik maka menjadi

kewajiban komunitas, desa/kelurahan dan pemerintah daerah untuk

memenuhi kesejahteraan anak.

f. Anak yang terpaksa dipisahkan dari lingkungan keluarga

Memastikan anak-anak yang diasingkan dari lingkungan keluarga

mereka mendapatkan pengasuhan alternatif atas tanggungan negara,

contoh: anak yang kedua orangtuanya meninggal dunia, atau anak yang

kedua orang tuanya menderita penyakit yang tidak memungkinkan

memberikan pengasuhan kepada anak.

g. Pengangkatan/adopsi anak

Memastikan     pengangkatan/adopsi     anak     dijalankan     sesuai     dengan

peraturan,      dipantau,      dan      dievaluasi      tumbuh      kembangnya      agar

kepentingan terbaik anak tetap terpenuhi.

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

- 15 -

 

h. Tinjauan penempatan secara berkala

Memastikan anak-anak yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial

Anak (LKSA) terpenuhi hak tumbuh kembangnya dan mendapatkan

perlindungan.

i. Kekerasan dan penelantaran

Memastikan       anak       tidak       mendapatkan       perlakuan       kejam,       tidak

manusiawi, dan merendahkan martabat manusia.

 

3. Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan

a. Anak penyandang disabilitas

Memastikan anak cacat mendapatkan akses layanan publik yang

menjamin kesehatan dan kesejahteraannya.

 

b. Kesehatan dan layanan kesehatan

Memastikan setiap anak mendapatkan pelayanan kesehatan yang

komprehensif dan terintegrasi.

c. Jaminan sosial layanan dan fasilitasi kesehatan

Memastikan setiap anak mendapatkan akses jaminan sosial dan

fasilitasi kesehatan, contoh: jamkesmas dan jamkesda.

d. Standar hidup

Memastikan anak mencapai standar tertinggi kehidupan dalam hal fisik,

mental, spiritual, moral dan sosial, contoh: menurunkan kematian anak,

mempertinggi usia harapan hidup, standar gizi, standar kesehatan,

standar pendidikan, dan standar lingkungan.

 

4. Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya

a. Pendidikan

Memastikan setiap anak mendapatkan akses pendidikan dan pelatihan

yang berkualitas tanpa diskriminasi, contoh: mendorong sekolah inklusi;

memperluas pendidikan kejuruan, nonformal dan informal; mendorong

terciptanya sekolah yang ramah anak dengan mengaplikasikan konsep

disiplin tanpa kekerasan dan rute aman dan selamat ke dan dari

sekolah.

b. Tujuan pendidikan

Memastikan          bahwa          lembaga          pendidikan          bertujuan          untuk

mengembangkan       minat,        bakat,        dan       kemampuan        anak        serta

mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang

toleran, saling menghormati, dan bekerjasama untuk kemajuan dunia

dalam semangat perdamaian.

c. Kegiatan liburan, dan kegiatan seni dan budaya

Memastikan bahwa anak memiliki waktu untuk beristirahat dan dapat

memanfaatkan waktu luang untuk melakukan berbagai kegiatan seni

dan budaya, contoh: penyediaan fasilitas bermain dan rekreasi serta

sarana kreatifitas anak.

 

 

 

 

MENTERI NEGARA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

REPUBLIK INDONESIA

- 16 -

 

5. Perlindungan Khusus

a. Anak dalam situasi darurat

Anak     yang     mengalami     situasi      darurat      karena      kehilangan     orang

tua/pengasuh/tempat tinggal dan fasilitas pemenuhan kebutuhan dasar

(sekolah,      air      bersih,      bahan      makanan,      sandang,      kesehatan      dan

sebagainya) yang perlu mendapatkan prioritas dalam pemenuhan dan

perlindungan hak-hak dasarnya.

i. Pengungsi   &